Ambient media merupakan salah satu bentuk new media dalam beriklan.
Ambient media memiliki cara bertutur yang berbeda dengan iklan konvensional. Semangat yang dibawa oleh ambient media adalah memberikan pengalaman yang tidak terlupakan (memorable experience) kepada konsumen.
Ambient media: “It works for two simple reasons-it gets people's attention and provokes an emotional response”. (Syamsul Bahri, 2007)
Ambient media memiliki cara bertutur yang berbeda dengan iklan konvensional. Semangat yang dibawa oleh ambient media adalah memberikan pengalaman yang tidak terlupakan (memorable experience) kepada konsumen.
Ambient media: “It works for two simple reasons-it gets people's attention and provokes an emotional response”. (Syamsul Bahri, 2007)
Pada umumnya ambient media berusaha menggugah emosi khalayak sasaran dengan cara mengangkat ide lucu (visual pun), horor, hal-hal yang menjijikan, atau bentuk ekspresi dan emosional lainnya. Ambient media merupakan perpaduan berbagai bentuk elemen estetik; fotografi, ilustrasi, desain grafis, happening art, seni instalasi, patung, tata cahaya, dan komponen seni lainnya.
Ambient media berusaha melibatkan khalayak sasaran menjadi satu layar dengan media. Participant diajak untuk terlibat; dari mengarahkan mata, memanfaatkan gerak anggota tubuh, menghadirkan sebagian atau keseluruhan tubuh dalam iklan. Dengan demikian ambient media memanfaatkan suasana dan elemen ruang publik yang ada di sekitar media tersebut ditampilkan.
arigatou gozaimasune....!!!
BalasHapus